Cara Membuat QR Code Sendiri dengan Mudah

QR Code atau Quick Response Code adalah kode berbentuk persegi berwarna hitam yang merupakan pengembangan dari Barcode (kode baris) satu dimensi menjadi dua dimensi. QR Code juga mampu menampung data lebih banyak dibandingkan dengan Barcode.

Sejarah QR Code

Sebelum adanya QR Code, masyarakat sudah menggunakan Barcode untuk memudahkan pekerjaan. Sayangnya, barcode hanya dapat menampung sekitar 20 karakter alfanumerik. Keadaan ini membuat Barcode tidak berfungsi maksimal untuk menyimpan data yang semakin banyak dibutuhkan.

QR Code dikembangkan di jepang oleh Masahiro Hara bersama satu orang anggota timnya, Masahiro mengembangkan QR Code dari barcode yang tadinya hanya 1 arah (horizontal) menjadi 2 arah (horizontal dan vertikal).

QR Code mampu menyimpan hingga 7.089 karakter numerik, 4.296 karakter alfanumerik, 2.844 byte kode biner, dan 1.817 karakter huruf kanji. Tidak hanya bisa menyimpan banyak karakter, QR Code juga bisa dibaca dengan cepat, bahkan 10 kali lebih cepat dibanding sistem kode lainnya.

QR Code sebagai open code yang secara bebas dapat digunakan setiap orang, tidak hanya digunakan di Jepang, melainkan seluruh penjuru dunia. QR Code sudah mendapatkan sertifikasi dari berbagai otoritas untuk dapat digunakan di seluruh dunia.

Manfaat QR Code

1. Kemudahan Mengakses Informasi

Manfaat utama penggunaan QR Code adalah kemudahan dalam mengakses informasi, kita bisa memasang QR Code di kartu nama dan ketika di scan maka akan muncul berbagai macam informasi mulai dari nomor telepon, alamat rumah, alamat email dan informasi lain tanpa harus menulis satu per satu.

Baca Juga :  Mengatasi The response is not a valid JSON response pada Wordpress

Contoh lain manfaat QR Code bisa kalian lihat di surat kabar atau koran, yang sudah di terapkan oleh Harian Kompas, Koran Kompas sendiri menerapkan QR code pada artikel artikel yang dirasa cukup menarik, ketika kalian membaca koran Kompas dan melihat QR code pada artikel, kalian bisa memindai barcode tersebut kemudian membaca versi onlinenya.

2. Mempermudah Proses Pembayaran

Selain itu QR Code juga bisa digunakan mempermudah proses pembayaran, Pembayaran dengan QR Code merupakan pembayaran dengan melakukan scanning QR Code pada aplikasi mobile. Metode pembayaran ini merupakan alternatif dari proses pembayaran dengan mempergunakan terminal EDC (Electronic Data Capture) seperti yang selama ini dilakukan.

Semua pembayaran dengan QR Code diproteksi dengan PIN sebagai bentuk otorisasi nasabah ketika melakukan pembayaran, sehingga pembayaran menggunakan QR Code dinilai lebih aman karena customer tidak perlu mempergunakan kartu. Pada tanggal 17 Agustus 2019 Bank Indonesia sudah meluncurkan QR Standar Indonesia yang disebut dengan QRIS. 

Cara Membuat QR Code

Dengan segala manfaat yang didapat dari penggunaan QR Code kalian juga bisa membuat QR Code sendiri, berikut adalah cara mudah membuat QR Code yang langsung bisa kalian coba:

1. Gunakan QR Code Generator 

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat QR Code, namun cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan QR Code Generator Online yang bisa kalian cari di google.

Kali ini saya menggunakan QR Code generator gratis yang bisa kalian akses di alamat https://www.the-qrcode-generator.com/ dari browser kalian

2. Pilih Jenis Data yang akan diMasukkan ke QR Code

utcG5GtzXAAbD9r0H428onp 8rCOFD 0Lye2RBlqvpwKn1nBToIKtlsrzPLhR cmlZoF8npJmjbbMogwJt4G3SbfFBWU7blDePgmahmTEBFI 5WVqdvsdzP pVkoSYSIvoZqivMU - Cara Membuat QR Code Sendiri dengan Mudah

Setelah itu, pilih jenis data yang akan kalian masukkan dalam QR Code, kalian bisa memilih Free text, URL, Contact, Nomor HP dan SMS

Baca Juga :  Cara Mengganti Background Foto Online Secara Otomatis

3. Masukkan Data

j2M4sZ3BAhGPusqGAriBSNSW0WEDUNp7da rVVofLvJ7taZoDXk70MPuhcxT7Y1cp1zoMJKO7h7HVH9b7QKKnL8j2pdkIJ2L4bd0CofbJ WWeEj4s4rP1ASLhvmHufjwU NvoYqI - Cara Membuat QR Code Sendiri dengan Mudah

Lalu masukkan data yang ingin kalian generate menjadi QR Code, saya contohkan menggunakan tipe URL dan saya masukkan URL website saya.

4. Simpan QR Code

Md93cDES9ozKQXKjljUOMu6jj9XcJ253sMnlFHXHFZT qY gjxkzVT9LVaxIVBmn1nUKHI3aeNXJetNXt40hYy17qcF0Kdzhi5ZFT9Pi64eoXnU9NbHFluNZgZtxrmqBquSSIQDP - Cara Membuat QR Code Sendiri dengan Mudah

Setelah selesai menginput data atau teks, kalian bisa menyimpan QR Code dengan cara menekan tombol save.

Untuk mengecek apakah QR Code yang kalian buat sudah sesuai atau belum kalian bisa men scan QR Code yang sudah kalian simpan, kalian bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pihak ketiga, aplikasi kamera bawaan atau langsung melalui website, tutorial lengkapnya bisa kalian baca di Cara Mudah scan QR dan Barcode.

Demikian tutorial mudah cara membuat QR Code sendiri dari alutekno semoga bermanfaat, dapatkan tips, review gadget dan info menarik lain hanya di Alutekno.

You May Also Like