Cek Identitas Lewat No Rekening Bank untuk Melacak Penipuan

Cek Identitas Lewat no Rekening Bank – Pada era digital seperti sekarang ini transaksi eletronik semakin mudah dilakukan, dari mulai melakukan pembayaran tagihan hingga pembayaran pembelian barang dari toko online semua bisa dilakukan melalui genggaman tangan.

Namun, samakin mudahnya transaksi tersebut berbanding lurus dengan semakin banyaknya tindak penipuan dan kehajahatan dalam dunia perbankan, salah satu yang paling marak adalah penipuan dengan modus kuis berhadiah, penjualan barang murah, lelang barang dan pinjaman online tanpa jaminan.

Bagi Anda yang mungkin menjadi salah satu korban dari tindak kejahatan diatas, maka Anda wajib mengetahui cara cek identitas lewat nomor rekening bank untuk mengatasinya.

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) telah membuat website cekrekening.id untuk melacak nomor rekening yang terindikasi melakukan tindak penipuan.

Melalui website tersebut Anda bisa mendeteksi nomor rekening penipu beserta data bank serta identitas pemilik nomor rekening, selain nomor rekening Anda juga bisa mengecek identitas nomor dari ewalet seperti dana, ovo dan gopay.

Dengan adanya portal tersebut tentunya akan membantu masyarakat untuk mengecek suatu nomor rekening bermasalah atau tidak sebelum melakukan transaksi.

Bagaimana Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank ?

cara cek identitas lewat no rekening bank - Cek Identitas Lewat No Rekening Bank untuk Melacak Penipuan

Cara untuk cek identitas lewat no rekening bank melalui cekrekening.id sangatlah mudah, perhatikan langkah-langkah di bawah ini

  • Silahkan akses website cekrekening.id
  • Setelah itu akan di tampilkan 2 kolom yang harus Anda isi, isi kolom pertama dengan Nama Bank yang bersangkutan, dan kolom kedua dengan nomor rekening yang ingin Anda cek, Kemudian klik Periksa Rekening.
  • Kemudian tunggu beberapa saat hingga data rekening dimunculkan, akan muncul informasi apakah nomor rekening tersebut pernah dilaporkan atas tindak kriminal atau tidak.
  • Setelah mengecek kredibelitas no rekening, Anda bisa melaporkan dan melacak nomor rekening penipu dengan cara di bawah ini.
Baca Juga :  Mengatasi The response is not a valid JSON response pada Wordpress

Bagaimana Cara Melacak Alamat Pemilik Rekening yang Menipu Anda?

Untuk melakukan pelacakan alamat pemilik rekening yang melakukan penipuan terhadap Anda, Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

  • Saat Anda mentransfer sejumlah uang tentu penipu ini memberikan nomor rekening banknya, catat no rekening tersebut, jangan sampai hilang bukti struk pengirimannya.
  • Datang ke kantor polisi lalu jelaskan kronologi masalah bagaimana penipu ini telah menipu Anda, serta lampirkan bukti transfer.
  • Minta kepada kepolisian surat pengantar kepada bank yang bersangkutan untuk mengetahui data informasi penipu tersebut.
  • Lalu datangi bank bersangkutan dengan menceritakan kronologi masalah serta melampirkan bukti dan surat pengantar dari kepolisian.
  • Nanti pihak bank akan langsung memberikan informasi mengenai penipu tersebut, seperti nama lengkap, alamat dan sebagainya.

    Catatan: Biasaya pihak bank juga akan langsung memblokir nomor rekening penipu jika memang terbukti.

Melaporkan No Rekening Penipu

Selain berfungsi untuk cek identitas lewat no rekening bank, dengan cekrekening.id Anda juga bisa melaporkan no rekening yang terindikasi melakukan tindak penipuan, jika Anda pernah mengalami tindak penipuan dan telah melakukan transfer sejumlah uang ke rekening tertentu maka segara laporkan ke cekrekening.id

Caranya cukup mudah, pada situs cekrekening.id silahkan tekan menu “Laporkan Rekening” atau bisa di akses melalui alamat cekrekening.id/lapor

Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi data yang tersedia, seperti nomer rekening yang bermasalah, nama pemilik rekening dan kronologi penipuannya.

Selain itu, Anda juga dapat melampirkan bukti kejahatan dalam laporan tersebut dalam bentuk dokumen atau gambar yang dapat diunggah pada halaman tersebut.

Untuk memudakan Anda, Kemenkominfo menyediakan kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi di nomor 0822.1010.1112. Atau, bisa juga menghubungi lewat e-mail di [email protected]

Baca Juga :  Cara Membuat USB Killer Versi 3.0 Tanpa Software

Apa yang Bisa dilakukan Setelah Mendapat Alamat Penipu?

Setelah Anda mendapatkan alamat penipu yang melakukan penipuan terhadap Anda, ada 2 opsi yang bisa Anda lakukan.

  • Memberikan alamat tersebut ke pihak kepolisian untuk di usut dan dilakukan penangkapan agar uang Anda di kembalikan, Namun cara ini akan sedikit memakan waktu.
  • Anda bisa langsung mendatangi alamat penipu dengan menunjukkan semua bukti yang ada dan minta uang Anda untuk dikembalikan secara kekeluargaan.

Pertanyaan Seputar Pelaporan Tindakan Penipuan

Bagaimana jika struk bukti transfer hilang?

Anda tetap bisa melakukan cek identitas lewat no rekening bank dan meminta bukti rekening koran pada teller bank, atau bisa mencetak riwayat transaksi dan akan dikenakan biaya 1.500 rupiah per lembar.

Bagaimana jika polisi tidak mau memberikan surat pengantar ke Bank?

Berikan semua bukti dan ceritakan kronologi penipuan yang Anda alami hingga pihak kepolisian benar-benar yakin dan mau memberikan surat pengantar untuk mengecek alamat penipu di bank.

Pergi ke Bank dulu atau ke Kantor Polisi dulu?

Untuk melacak identitas dan alamat penipu melalui no rekening pertama kali anda harus pergi ke kantor polisi terlebih dahulu agar pihak bank bisa memberikan data rekening yang Anda minta.

Apakah pelacakan alamat penipu berlaku di semua bank?

iya, Semua bank akan membantu memberikan alamat yang anda minta untuk cek identitas lewat no rekening bank seperti BRI, BNI, BPTN, BCA, BRI Syariah, CIMB Niaga dll jika semua syarat dan dokumen terpenuhi.

Tips Agar Terhindar dari Penipuan dengan No Rekening

  • Jangan Mudah Tergiur Barang Murah di Internet
    Sebagai orang normal pasti kita akan mencari barang dengan kualitas terbaik dengan harga paling murah, hal tersebut yang sering kali dimanfaatkan oleh penipu di luar sana yang menawarkan barang dengan kualitas terbaik namun harga nya sangat murah di bandingkan toko lain, saat ada barang seperti itu Anda wajib waspada dan jangan langsung tergoda untuk membeli nya.
  • Selalu Cek Kredibelitas Penjual Barang Online
    Setelah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda juga harus mengecek kredibelitas penjual barang tersebut.
    Jika penjual berjualan melalui social media, silahkan Anda cari data dari toko penjual, Anda bisa mencari menggunakan google dengan mengetik nama toko online tersebut, jika toko tersebut bermasalah kemungkinan besar akan ada artikel yang membahas kasus dari toko tersebut.
  • Cek No Rekening dan No Telepon
    Selanjutnya sebelum melakukan transaksi online, wajib hukumnya untuk mengecek No Rekening dan No Telepon, untuk mengecek No rekening apakah terindikasi penipu atau tidak, Anda bisa menggunakan situs cekrekening.id.
    Kemudian untuk mengecek Identitas menggunakan No Telepon Anda bisa melihat nya lebih lanjut pada artikel Cara mengetahui no telepon Orang tidak di Kenal.
Baca Juga :  5 Cara Memperbesar Ukuran File JPG, Foto dan Gambar

Demikianlah Cara cek identitas penipu lewat no rekening, cara melacak identitas penipu dan tips agar terhindar dari penipuan lewat no rekening yang bisa kami berikan, semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Silahkan bagikan ke teman-teman Anda jika informasi ini bermanfaat.

You May Also Like